Cara Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Cara Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Pada musim penghujan seperti saat ini, umumnya anak-anak rentan terhadap serangan virus influenza dan demam. Sistem kekebalan tubuh anak-anak belumlah sempurna dan sekuat seperti halnya orang dewasa. Ditambah dengan aktivitas bermain mereka yang tidak higiensi menghadapkan mereka pada jutaan bakteri dan menjadikan mereka rentan terhadap penyakit.

Sistem kekebalan tubuh anak akan menguat seiring dengan bertambahnya usia dan didukung oleh pola hidup sehat yang diterapkan oleh orang tua. Meski demikian Anda sebagai orang tua wajib dapat menerapkan tips berikut untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak Anda agar tidak mudah terserang penyakit.

1. Vaksin

Anak-anak membutuhkan vaksin untuk melawan berbagai macam penyakit seperti hepatitis. Seperti yang telah dijelaskan di atas, sistem kekebalan tubuh anak Anda belumlah sempurna dan vaksin akan membantu meningkatkan sistem imun anak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memberikan vaksin pada anak Anda.

2. Menjaga Asupan Makanan

Seiring bertambahnya usia anak, penting bagi Anda untuk menyertakan sayuran dan buah-buahan yang dalam menu harian anak, Sayuran dan buah yang mengandung fitonutrien sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak karena dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan melawan infeksi virus.

Makanan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh diantaranya adalah

  • Wortel
  • Mengkudu
  • Jeruk
  • Strawberry
  • Brokoli
  • Salad Buah
  • Kacang-kacangan

3. Perhatikan Jam Tidur Anak

Anak usia 5 tahun setidaknya membutuhkan waktu tidur sepuluh jam setiap harinya, kekurangan waktu tidur akan berakibat pada menurunkan sistem imun anak.

Pastikan anak Anda memenuhi waktu tidur mereka pada malam dan siang hari.

4. Jaga Kebersihan Diri

Anak-anak umumnya menyentuh apa saja yang menurut mereka menarik, oleh karena itu, sudah menjadi tugas Anda untuk memperhatikan kebersihan diri Anak Anda. Pastikan Anda mencuci tangan anak sebelum mereka menyentuh makanan atau memasukan jari ke mulut.

5. Rutin Berolahraga

Olahraga sangat dianjurkan untuk segala usia, jika dilakukan dengan rutin olahraga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan menjaga organ anak tetap sehat. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan sensor motorik anak Anda dan menjadikan anak Anda lebih aktif.

6. Hindari Radikal Bebas

Radikal bebas seperti polusi asap kendaraan dan asap rokok merupakan musuh bagi kesehatan manusia. Jika terpapar asap rokok Anda dapat berisiko terserang penyakit asma.

Bila Anda seorang perokok lebih baik jauh dari anak Anda ketika merokok. dan Gunakan masker jika mengajak anak Anda menggunakan sepeda atau sepeda motor.

7. Rutin Medical Check-up

Periksakan kesehatan Anda dan keluarga minimal satu kali dalam setahun. Hal ini dapat berguna untuk mendeteksi kelainan pada kesehatan Anda atau keluarga Anda dan dapat mengatasinya dengan segera.

Bila anak sakit, jangan melakukan pengobatan mandiri dengan memberikan antiobiotik, memberikan antiobiotik pada anak akan membuat virus menjadi kuat dan anak menjadi resisten terhadap obat-obatan.

Leave A Reply

Navigate