Cara Modifikasi Kaos Oblong

Bagi anda yang memiliki kaos oblong tapi terlalu bosan untuk memakainya, maka daur ulang saja dengan cara modifikasi kaos oblong.

Gambar Kaos Oblong
Gambar Kaos Oblong

Bila kaos anda sudah terlalu jelek atau kebesaran, artikel ini adalah pilihan yang tepat untuk anda. Artikel kali ini akan membahas tentang modifikasi kaos oblong, sehingga dapat digunakan kembali atau bisa juga memperkecil custom kaos yang kebesaran.

Cara Modifikasi Kaos Oblong Agar Tidak Membosankan

  • Membuat kaos kebesaran menjadi cukup di badan

Beri tanda panjang kaos yang diinginkan, bisa dengan kapur atau pensil. Bila kaos terlalu panjang dapat diubah menjadi gaun, sedangkan bila kaos terlalu pendek bisa anda padukan dengan legging atau jeans. Beri tanda pada lengan kaos jika menurut anda terlalu panjang, anda bisa mengukur kembali kaos dengan penggaris bila ingin mengubahnya.

Cubit jahitan di bagian tepi kaos dan jepit dengan jarum, penjepitan dilakukan dengan 3-5 jarum dari ketiak sampai bawah. Jika ingin kaos lebih ketat, maka gunakan peniti agar tidak tertusuk. Lakukan dengan cara yang sama, yaitu cubit jahitan dalam jumlah sama di setiap tepi kaos. Jepitan dimulai dari ketiak hingga bawah, lakukan juga pada lengan kaos bila dirasa terlalu lebar.

Agar panjang kaos sesuai, maka lipat kaos ke dalam agar terbuat hem. Bila menjahit kaos, lakukan seperti menjahit biasa tetapi jangan ada yang tertumpuk. Bila tidak yakin dengan pengukuran sebelumnya, lebih baik gunakan jahitan panjang sehingga mudah dilepas bila tidak pas. Jangan terlalu terburu-buru memotong kaos, pastikan semua sudah benar.

Balik kaos yang sudah anda jahit dan cobalah terlebih dahulu, beri tanda pada bagian yang dirasa kurang sesuai. Setelah anda coba dirasa sudah pas, maka jahit kembali kaos dengan jahitan yang lebih kuat. Namun, setelah dicoba kurang pas, maka ulang langkah sebelumnya dengan melepas jahitan dan menjahit kembali setelah diberi tanda. Lalu, potong kain yang sudah tidak digunakan.

  • Mengubah kaos menjadi model lain

  1. Membuat crop top. Pertama, potong dan jahit bagian kaos sampai dengan panjang yang anda inginkan. Lalu, beri potongan pada bagian bahu agar kaos lebih bagus dan trendy. Anda bisa membuat model baru dengan memotong jahitan yang ada di tepi baju. Ganti jahitan tersebut dengan peniti atau pita yang menarik dan lucu agar lebih baik.

  2. Membuat halter tanpa menjahitnya. Buat atau carilah desain halter untuk membuat model ini, setelah itu anda potong, lipat, dan buat ikatan di antara hem. Setelah itu, anda akan melihat hasil dari gabungan bodice dan tie. Anda bisa juga membuat alternatif lain dengan mengabaikan bagian bodice dan tie, selanjutnya memotong kain sekitar bahu agar menjadi tie.

  3. cara modifikasi kaos oblong menjadi tank top. Untuk membuat model ini, anda hanya perlu melepas jahit di bagian lengan atau memotongnya bila kain menyambung. Selanjutnya, anda dapat menggunakan mesin jahit agar lebih mudah menjahit kaos atau bisa juga alat jahit sederhana. Jahit bagian lengan agar tank top lebih bagus.

Leave A Reply

Navigate