Adap Mengadakan Doa Selamatan Rumah Baru

Semua orang tentu senang jika berhasil mencapai apa yang diinginkannya, salah satunya adalah dengan membeli atau membangun rumah sendiri. Jika rumah sudah siap ditempati tentu saja anda ingin sesegera mungkin pindah ke rumah baru. Setiap pindah ke rumah baru biasanya ada acara doa selamatan rumah baru.

Acara doa selamatan rumah ini dilakukan untuk tujuan yang mulia, supaya ketika berada di rumah baru tersebut anda dan keluarga akan mendapatkan berkah dan juga keselamatan yang cukup dan tiada habisnya. Untuk menunjukkan rasa syukur tersebut biasanya selamatan dilengkapi dengan beberapa hidangan khusus.

Adap Melakukan Syukuran Rumah Baru

1. Selamatan Dengan Tumpeng Nasi Kuning

Tumpeng nasi kuning selalu saja menjadi menu utama jika ada yang melakukan acara doa selamatan rumah. Anda bisa menggunakan nasi tumpeng Jakarta  yang menyediakan tumpeng nasi kuning lengkap untuk semua jenis acara sesuai dengan pesanan yang anda lakukan. Anda bisa memesan mulai dari lauk yang ingin anda sajikan sampai bentuk tumpengnya.

2. Kue Untuk Hidangan Kepada Tamu

Jika anda melakukan syukuran dengan terbuka, misalnya dengan melakukan pengajian dan mengundang tetangga sekitar rumah. Beberapa jenis kue yang sering digunakan adalah kue lapis legit, kue kukus, kue cucur dan juga kue khas Jawa lainnya yang bisa didapatkan dengan mudah.

3. Membagi Makanan Kepada Tetangga

Jika anda menempati sebuah rumah baru, baik itu rumah hasil beli baru, rumah kontrakkan maupun rumah hasil membangun sendiri. Anda harus menyapa semua tetangga di sekitar anda supaya anda diterima dengan baik oleh lingkungan baru. Salah satu cara menyapa yang baik adalah dengan membagi makanan kepada tetangga.

Menu makanan yang biasa dibagikan adalah nasi kotak dengan lauk ayam serta beberapa jenis sayuran selain itu anda juga bisa menggunakan kue atau makanan lain yang bisa anda bagikan. Akan lebih sopan lagi jika anda sebelumnya sudah melakukan acara selamatan rumah dengan melakukan pengajian mengundang orang – orang sekitar rumah.

4. Bersikap Sopan dan Santun Kepada Tetangga

Jika anda hidup di lingkungan baru, sikap dan tindak tanduk kepada tetangga harus anda jaga. Karena jika terjadi sesuatu atau apapun itu, tetangga adalah orang terdekat dengan anda yang akan membantu anda dengan cepat. Oleh karena itu bersikap sopan dan santun kepada tetangga baru sangat dianjurkan.

Berikut tadi adalah beberapa hal yang harus anda lakukan jika anda pindah ke lingkungan baru atau ke rumah baru. Jangan lupa untuk mengucapkan syukur kepada tuhan karena telah memenuhi doa anda, syukur bisa dilakukan dengan melakukan selamatan atau dengan berbagi kepada yang membutuhkan semua tergantung kepada anda. Yang paling penting adalah bersikap baiklah kepada tetangga sekitar anda supaya anda diterima dengan baik.

Leave A Reply

Navigate