Manfaat Buah Tin

Buah tin masuk dalam keluarga mulberry, buah tanpa biji yang disebut berasal dari surga ini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan seperti gula alami, serat, vitamin dan mineral.

Kandungan nutrisi dalam buah tin juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan seperti nyeri haid dan masalah kesuburan wanita. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai manfaat buah tin bagi kesehatan sebagaimana dikutip dari Organic Facts:

Manfaat buah Tin Bagi Kesehatan

1. Mencegah Sembelit

Dalam setiap tiga buah tin terdapat 5 gram serat. Konsentrasi serat yang tinggi dalam buah tin dapat menjaga fungsi usus besar tetap normal dan mencegah sembelit. Serat baik untuk pergerakan usus, sehingga tidak hanya baik untuk mencegah sembelit. Buah tin juga dapat mencegah diare dan masalah perut lainnya.

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang terdapat buah tin juga direkomendasikan bagi mereka yang menjalani program diet. Namun, penting untuk diketahui bahwa diperlukan diversifikasi buah dalam program diet Anda.

Karena terlalu banyak mengonsumsi buah tin justru dapat meningkatkan berat badan Anda mengingat kandungan kalori yang cukup tinggi dalam buah ini.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah tin untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dimungkinkan karena dalam buah tin terdapat senyawa pectin atau serat larut yang dapat mengeluarkan kolesterol dari tubuh Anda melalui saluran pencernaan.

Selain itu, Pectin juga berfungsi sebagai pencahar alami sehingga sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan Anda.

4. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Buah tin yang di keringkan mengandung senyawa Phenol dan asam lemak omega 3 dan 6. Asam lemak esensial ini berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Lebih jauh, buah dari surga ini dapat menurunkan dampak negatif dari trigliserida yang berlebih dalam tubuh.

5. Mencegah Kanker Payudara

Kandungan serat dalam buah ini juga dikenal dapat melindungi wanita dari kanker payudara pada wanita yang sudah menopause. Setelah menopause, keseimbangan hormon wanita menjadi tidak stabil.

Kondisi ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga menurunkan kemampuan antioksidan dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kanker dalam banyak kasus.

6. Mengontrol Gula Darah

American Diabetes Association merekomendasikan buah tin bagi penderita diabetes. Kandungan potassium dalam buah tin dapat mengontrol jumlah asupan gula yang di serap oleh tubuh. Potassium yang tinggi dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Sehingga penderita diabetes dapat hidup normal.

7. Mencegah Hipertensi

Mereka yang rutin mengonsumsi makanan tinggi garam dan berlemak berisiko mengalami masalah tekanan darah tinggi. Buah tin dapat menurunkan risiko tersebut, buah ini kaya akan potassium dan rendah sodium sehingga baik untuk mencegah hipertensi.

8. Meningkatkan Kesuburan

Sejak zaman Yunani kuno, buah tin digunakan untuk meningkatkan kesuburan rahim. Hal ini dimungkinkan karena kandungan zat besi yang tinggi, penting bagi persiapan rahim sebelum kehamilan.

Selain itu, beragam vitamin dan mineral lain dikenal dapat meningkatkan gairah seksual dan mengatasi gangguan seksual seperti disfungsi ereksi. Oleh karenanya, konsumsi dua hingga tiga buah buah tin setiap hari selama program hamil.

9. Menguatkan Tulang

Buah tanpa biji ini juga kaya akan kandungan kalsium, sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan tulan dan mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan Fosfor di dalamnya juga menjaga kepadatan tulang.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan antiokidan dan vitamin A dari buah ini juga baik untuk kesehatan mata. Nutrisi di dalamnya berperan dalam mencegah penurunan fungsi mata karena usia. Oleh karena itu, masukan buah tin dalam menu harian Anda.

11. Perawatan Radang Tenggorokan

Nutrisi yang ada pada buah tin juga baik untuk perawatan radang tenggorokan. Buah tin dapat meringankan rasa nyeri pada tenggorokan.

Leave A Reply

Navigate