Manfaat Cuka Apel

Di antara komunitas kesehatan, cuka apel menjadi bahan yang sangat populer. Banyak klaim yang menunjukkan bahwa manfaat cuka apel bisa digunakan untuk berbagai macam gangguan kesehatan dan klaim ini didukung oleh sains. Beberapa diantaranya adalah gejala diabetes, menurunkan kadar gula dalam darah, dan menurunkan kolesterol.

KandunganGizi Yang Terdapat Pada CukaApel

  1. AsamAsetat

Asam asetat dihasilka oleh bakteri selama proses fermentasi. Namun, asam ini berguna bagi proses penyembuhan alami yang telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa diantaranya adalah infeksi pada telinga dan jamur. Asam asetat mampu menghancurkan bakteri penyebab infeksi dan juga mencegah penimbunan lemak.

  1. Vitamin

Beberapa vitamin seperti vitamin B dan C ditemukan pada cuka apel. Vitamin ini nantinya berperan untuk mencegah kanker dan melindungi tubuh dari kerusakan yang terpapar reaksi kimia.

  1. Mineral

Mineral berupa potasium paling banyak jumlahnya dalam cuka apel. Potasium bekerjasama dengan sodium untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, kontrasi otot, memelihara rite detak jantung dan penyimpanan karbohidrat.

Berikut Manfaat Cuka Apel untuk kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Mengobati amandel

Amandel adalah gangguan mulut yang begitu menyiksa penderitanya. Biasanya orang sering berkumur dengan air garam agar mengurangi rasa sakit. Manfaat cuka apel untuk amandel adalah menghilangkan amandel karena kandungan asamnya. Asam akan menghancurkan amandel perlahan. Campurkan cuka apel dengan segelas air untuk berkumur.

  1. Mengobati asam urat

Banyak kandungan potasium membuat cuka apel bermanfaat bagi mereka yang menderita asam urat. Manfaat cuka apel untuk asam urat adalah menghilangkan toksin dan kelebihan zat mineral seperti kalsium, besi dan asam amino. Asam asetat akan berubah menjadi pH alkali untuk menyeimbangkan pH sehingga asam urat bisa dihindari.

Penderita asam urat sebaiknya meminum asam cuka untuk emnghancurkan asam yang mengkristal pada persendian dan mencegah terbentuknya kristal tersebut. Asam juka juga akan mengurangi inflamasi sehigga risiko pembengkakan yang dialami penderita asam urat bisa berkurang.

Bebrapa orang yang sudah mengonsumsi menunjukkan bahwa asam urat mereka sembuh dalam beberapa hari. Sementara jika hanya gejala, mereka sembuh dalam beberapa jam saja setelah konsumsi cuka apel.

  1. Mengobati asam lambung

Di antara sekian banyak manfaat cuka apel bagi kesehatan, salah satu di antaranya adalah mengobati asam lambung. Manfaat cuka apel untuk asam lambung adalah menetralkan asam pada lambung. Namun, cuka apel yang digunakan haruslah cuka apel murni alias tidak diberi tambahan apapun saat difermentasi.

Setelah memilih cuka apel, minum dua sendok cuka perharinya yang bisa dicampurkan dengan air destilata. Rasanya memang tidak enak, namun jika sudah terbiasa maka konsumsi perhari bisa ditambahkan. Selain air destilata, anda juga bisa menyampurkannya dengan teh panas. Konsumsilah secara teratur untuk hasil yang optimal dan sebagai langkah pencegahan.

  1. Menghindari asma

Penderita asma pasti tidak asing dengan sensasi sesak nafas dan tercekik saat asmanya kambuh. Salah satu cara mencegah asma kembali kambuh adalah dengan cuka apel. Manfaat cuka apel untuk asma adalah sebagai pengobatan pendamping. Caranya, campurkan sesendok cuka apel dengan segelas air kemudian minum sedikit demi sedikit selama setengah jam.

  1. Mengurangi sakit ambeien

Manfaat cuka apel untuk ambeien adalah mengurangi gejala sakit yang berhubungan dengan ambeien. Namun sebelum mengonsumsi ini, ada baiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan karena bisa jadi gejala tersebut bukanlah ambeien. Ambeien memang membuat tidak nyaman untuk itu anda harus segera memeriksakan diri.

Cuka apel mampu mengurangi sakit karena gejala ambeien karena cuka bertindak sebagai anti inflamasi. Jika ambeien sudah menyerang, maka cuka apel akan membantu anda untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal pada anus.

  1. Cuka apel meningkatkan level imun

Secara alami, manfaat cuka apel adalah anti mikroba alami yang dapat membunuh patogen seperti E.coli, virus polio. Dengan mendukung kinerja sistem imun, maka tubuh akan merespon alergen sehingga alergi dapat dihindari. Jika terlanjur alergi, anda bisa menggunakan cuka apel sebagai pengobatan.

Cuka apel yang tadinya hanya dijadikan bahan untuk pelengkap salad, kini menjadi ‘superfood’ karena manfaat cuka apel yang begitu banyak. Sebab itu, cuka apel kini menjadi perhatian banyak orang karena manfaat untuk kesehatannya yang begitu luas. Anda bisa menawarkan pengobatan rumahan ini kepada teman dan keluarga anda.

Leave A Reply

Navigate