Manfaat Daun Sirsak

Nama daun sirsak akhir-akhir ini sangat booming di kalangan herbalis. Bahkan juga di kalangan para petani yang menggunakannya sebagai bahan alami pemberantas hama padi.

Menurut sederet penelitian, daun sirsak mengandung zat yang bisa mencegah dan membunuh tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Hal itu disebabkan oleh kandungan lactones, isoquinoline, dan lipid. Masing-masing dari ketiga kandungan tersebut terdapat sejumlah zat anti kanker yang hingga saat ini masih dijadikan obat herbal pengganti obat kimiawi.

Baca Juga: Nu Amoorea

Alasan mengapa daun sirsak lebih dipilih ketimbang obat kimiawi adalah karena cara penggunannya cukup mudah dan khasiat yang dihasilkan tidak hanya satu, melainkan juga sebagai obat asam urat. Ingin tahu bagaimana cara daun sirsak mengobati asam urat? Simak ulasannya berikut ini

  1. Penyebab asam urat

Asam urat disebabkan oleh zat purin yang dikonsumsi oleh manusia cukup tinggi. Nah, zat purin ini biasanya terdapat dalam jeroan, seafood, daging, makanan instan, dan biji-bijian. Kalau mengonsumsi dalam jumlah tinggi atau tidak wajar otomatis zat purin dioleh tubuh menjadi asam urat. Lalu, asam urat yang tinggi pasti akan menyebabkan nyeri pada persendian dalam tubuh.

Untuk menyembuhkannya, diperlukanlah rebusan daun sirsak yang harus dikonsumsi rutin setiap hari. Daun sirsak mengandung senyawa seperti acetogenenins, annocatalin, dan annomuricin yang bisa meredakan nyeri saat asam urat serta menormalkan kadar asam urat pada tubuh.

  1. Cara pengolahan daun sirsak

Setelah kita mengetahui kandungan dan manfaat di dalam daun sirsak, tentu penasaran dengan cara pembuatannya bukan? Nah, beginilah cara membuat minuman dari daun sirsak yang benar

  • Pertama, siapkan 5-10 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih.
  • Kedua, siapkan air dalam panci atau sebuah wadah dan masukkan daun sirsak ke dalamnya. Ingat, usahakan daun sirsak benar-benar terendam di dalamnya. Air tidak terlalu banyak tetapi juga tidak terlalu sedikit. Biasanya cukup 2 cup gelas saja sudah cukup. Selain itu, memasukkan daun sirsak pada awal ingin merebus harus dilakukan, bukan saat air sudah mendidih.
  • Setelah itu rebus di atas api sampai warna air mulai berubah dan bau daun sirsak mulai tercium aromanya.
  • Terakhir, tunggu hingga dalam keadaan hangat atau sudah dingin baru dikonsumsi. Anda bisa mengonsumsinya sebanyak dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore hari.
  1. Mencegah asam urat

Meski sudah rutin mengonsumsi daun sirsak, bukan berarti boleh memakan daging, jeroan, dan biji-bijan sesuka hati. Sebab, dalam tahap pengobatan atau pencegahan, lebih baik menghindari makanan-makanan yang mengandung purin tersebut. Sebenarnya, apa saja pantangan atau makanan yang tidak boleh dikonsumsi berlebih bagi penderita asam urat?

  • Jeroan seperti paru, usus, hati, otak, dan sejenisnya.
  • Aneka makanan seafood seperti cumi-cumi, kerang, tiram, ikan sarden, teri, dan sejenisnya.
  • Makanan instan seperti mie, kornet, dan lainnya.
  • Beragam jenis biji-bijian seperti kedelai, oncom, kacang tanah, kacang hijau, melinjo atau emping, dan tauge.
  • Keju, susu, es krim, makanan berkaldu, dan berprotein tinggi
  • Makanan yang digoreng dan dimasak dalam santan sangat memengaruhi kadar asam urat dalam tubuh.
  • Termasuk pula buah-buahan seperti nanas, air kelapa, dan durian.

Selama pencegahan ini, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan di atas terlalu banyak. Usahakan untuk menghindarinya atau mengganti dengan gaya dan pola makan yang sehat. Sebaiknya pula rajin berolah raga agar aliran pembuluh darah lancar setiap hari.

Leave A Reply

Navigate