Mobil Paling Irit dan Murah Perawatannya

Konsumsi bahan bakar mobil menjadi perhatian belakangan ini. Selain irit biaya dan efisien, alasan lingkungan juga menjadi pendorong. Alhasil produsen – produsen mobil ternama berlomba – lomba membuat mobil dengan efisiensi yang tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Tentu dengan tidak menurunkan kapasitas mesin, dan dengan biaya perawatan yang murah.

Jika bicara tentang konsumsi bahan bakar yang irit, maka yang menjadi jagoannya adalah mobil-mobil berjenis LCGC atau Low Cost Green Car. Tak salah, diantara daftar mobil paling irit ini akan banyak dikuasai oleh LCGC dari berbagai merek. LCGC selain unggul dalam keiritan konsumsi bbm, juga harganya yang murah dan biaya perawatan yang minim.

6 Mobil Paling Irit dan Murah Perawatannya

  1. Renault Kwid

Mobil besutan pabrikan asal Perancis ini menggunakan mesin dengan kapasitas 1000 cc yang diklaim memiliki teknologi efisiensi yang mutakhir. Meski tidak memiliki fitur mesin terbaru, namun Kwid telah dioptimalisasi supaya irit bahan bakar. Pada uji yang dilakukan Kwid dapat menempuh jarak 23 km dengan bensin 1 Liter (23 km/L).

Selain irit, Renault Kwid juga merupakan mobil crossover murah dengan biaya perawatan yang minimal

  1. Datsun Go

Datsun membekali varian Go dengan mesin 1200 cc yang berbasis produksi di Indonesia. Mesin ini juga diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Mobil ini memiliki harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp 100 Jutaan. Menyasar segmen entry level, tak salah Datsun Go memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit hingga 20 km/L.

  1. Renault Duster

Renault Duster dikenal dengan setting suspensi yang sangat nyaman dan kemudi yang halus. SUV besutan Renault ini memiliki mesin berkapasitas 1461 cc dengan 4 silinder. Meski tergolong cukup besar dibanding mobil LCGC namun konsumsi bahan bakarnya cukup irit, mencapai 20 km/L. Konsumsi bahan bakar ini tergolong irit, bahkan mengalahkan beberapa LCGC.

  1. Honda Brio Satya

LCGC besutan Honda ini membuktikan bahwa dalam hal konsumsi bahan bakar Brio cukup baik. Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1198 cc dengan 4 silinder segaris, 16 katup dan teknologi i-VTEC +DBW yang menjamin efisiensi mesinnya. Pada jalan Tol, Honda Brio dapat menempuh jarak 22 km dengan bensin 1 L ( 22km/L).

  1. Mitsubishi Mirage

Mitsubishi merancang Mirage memang untuk dipasarkan di negara – negara berkembang dengan harga yang terjangkau. Mobil dengan dimensi kecil ini memang dirancang memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi. Mitsubishi Mirage dapat menempuh perjalanan 21 km hanya dengan 1 L bensin.

  1. Nissan March

Dengan mesin 1200 cc dengan 3 silinder March menjadi hatchback yang cukup irit di Indonesia. Pada generasi terbarunya dilakukan pembaruan mesin dari yang tadinya 1200 cc menjadi 1500 cc. Dengan mesin yang kapasitasnya bertambah besar, namun tidak mengurangi drastis efisiensinya. March dapat menempuh perjalanan hingga lebih dari 20 km per liter bensinya.

Leave A Reply

Navigate