Penyebab Anak Susah Makan

Penyebab anak susah makan memang sering menjadi bahasan yang tidak ada hentinya. Bagi ibu-ibu yang memiliki anak kecil pasti sudah sangat sering menghadapi hal seperti ini. Anak-anak mereka susah sekali diajak untuk makan. Sehingga tidak jarang, anak-anak hanya mengkonsumsi makanan ringan dan minum susu saja. Sebab mereka susah sekali makan makanan pokok.

Apabila anak Anda mengalami susah makan seperti ini, Anda harus segera mencari solusi dan alternatifnya. Jangan biarkan anak Anda mengalami “mogok” makan yang terus-terusan, karena selain tidak baik untuk perkembangan tubuhnya, anak yang terlalu lama tidak mau makan makanan pokok bisa menjadi sakit karena kekurangan nutrisi.

Mengingat bahwa nutrisi pada makanan pokok itu memiliki fungsi yang sangat krusial dalam pertumbuhan masa anak-anak. Alternatif terbaik yang bisa Anda lakukan ialah memberi anak Anda vitamin penambah nafsu makan anak sebagai suplemen untuk mengembalikan nafsu makannya.

Lantas apa saja ya yang menyebabkan anak susah makan ? ada banyak sekali kemungkinan penyebab Si kecil tidak mau makan atau susah makan. Berikut ini akan diulas lebih lanjut mengapa anak-anak susah makan pada usia kanak-kanak. Anda bisa cocokkan kemungkinan ini bisa terjadi pada anak Anda di rumah.

3 Kemungkinan Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Anak-anak yang susah makan bisa dikarenakan hal-hal yang Anda mungkin tidak sadari. Sehingga wajar saja apabila Anda bingung bagaimana mengatasi permasalahan tersebut. Mulai saat ini, Anda bisa mengamati dan menganalisis apa penyebabnya anak tidak mau makan seperti biasa. Bisa saja salah satu penyebab anak Anda “mogok” makan karena beberapa hal seperti yang ada dibawah ini.

  1. Pola Makan Anak yang Kurang teratur

Salah satu penyebab anak susah makan bisa dikarenakan pola makan anak tidak teratur. Terkadang secara tidak sadar, Ibu selalu membiarkan anak-anak mengkonsumsi susu sebelum sarapan atau makan makanan pokok. Nah, ini adalah pola yang salah. Aturlah pola makan anak mulai dari mengkonsumsi buah terlebih dahulu, kemudian makanan pokok dan susu bisa diberikan diakhir.

  1. Anak Sedang Tidak Enak Badan

Kemungkinan lain penyebab anak Anda susah untuk makan ialah karena anak Anda sedang tidak enak badan. Tidak enak badan bisa diartikan kondisi anak yang sedang lelah dan letih yang berkepanjangan. Akibat keadaan yang seperti ini membuat anak menjadi berkurang nafsu makannya. Oleh karena itu, Anda harus paham betul kondisi anak Anda sehari-hari.

  1. Menu yang Tidak Menggugah Selera

Terkadang diusia anak-anak, anak bisa merasakan kebosanan untuk makan dikarenakan menu yang mereka makan kurang menarik. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua harus pandai-pandai dalam merubah-rubah menu makan anak supaya anak selalu tertarik untuk makan ketika mereka melihat dan mendengar menu yang Anda masak untuk mereka.

Leave A Reply

Navigate