Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi

Vaksinasi dan imunisasi merupakan dua istilah yang memiliki arti berbeda. Namun, masyarakat seringkali menganggap dua hal tersebut merupakan istilah yang sama dan memiliki arti serupa. Meskipun pada dasarnya kedua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, namun keduanya tetap merupakan dua istilah yang berbeda makna.

Gambar Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi
Gambar Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi

Nah, tujuan umum dari vaksinasi dan imunisasi adalah meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit tertentu.

Dua istilah yang digunakan dalam dunia medis ini memang sering membuat masyarakat bingung karena keduanya dianggap memiliki arti yang sama. Agar tidak salah pemahaman, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa perbedaan vaksinasi dan imunisasi.

Inilah Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi

Vaksinasi merupakan suatu proses memasukan suatu vaksin ke tubuh manusia dengan tujuan untuk memperoleh kekebalan tubuh dari jenis penyakit tertentu. Nah, yang dimaksud dengan vaksin sendiri merupakan virus atau bakteri yang dilemahkan. Pada dasarnya, vaksinasi sendiri merupakan bagian dari proses imunisasi di mana tindakan vaksinasi ini dilakukan sebelum proses imunisasi.

Vaksinasi juga dapat diartikan sebagai suatu alat yang diberikan pada tubuh dan bertujuan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar lebih kebal terdapat suatu jenis penyakit.

Saat dimasukkan ke dalam tubuh, vaksin yang berasal dari virus atau bakteri yang dilemahkan ini akan merangsang sistem imun dan mencegah dari penyakit. Pada umumnya, pemberian vaksin ke dalam tubuh dilakukan menggunakan jarum suntik.Namun, ada juga beberapa jenis vaksin yang diberikan melalui mulut.

Setelah mengetahui pengertian dari vaksinasi, maka kini saatnya kita mengenal apa pengertian imunisasi. Menurut World Health Organization (WHO), yang dimaksud dengan imunisasi merupakan sebuahcara yang dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar lebih tahan terhadap serangan virus.

Biasanya, proses imunisasi ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit yang disebabkan oleh virus dari satu orang ke orang lainnya.

Lalu, apa perbedaan vaksinasi dan imunisasi? Sebenarnya, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu merupakan serangkaian proses untuk mencegah penyakit. Keduanya diberikan secara bertahap ke dalam tubuh untuk memperkuat antibodi.

Vaksin yang diberikan ke dalam tubuh akan merangsang terbentuknya antibodi terhadap jenis penyakit tertentu. Selanjutnya, proses imunisasi dilakukan agar antibodi yang telah dibentuk oleh vaksin dapat tumbuh semakin kuat. Dengan begitu, maka antibodi yang terbentuk akan kebal terhadap penyakit tertentu yang menyerang tubuh.

Itulah perbedaan vaksinasi dan imunisasi. Lalu, mengapa pemberian vaksinasi dan imunisasi sangat penting? Keduanya merupakan proses yang sangat penting untuk dilakukan agar tubuh kita bisa lebih kuat dan kebal dalam menghadapi serangan penyakit.

Jika tidak melakukan vaksinasi dan imunisasi, maka tubuh akan lebih rentan diserang oleh penyakit, sehingga tubuh akan lebih mudah sakit. Karena sangat penting, maka pemberian vaksinasi dan imunisasi dianjurkan dari sejak masih usia bayi.

Nah, beberapa jenis vaksin di antaranya adalah vaksin TT untuk mencegah tetanus, vaksin HPV untuk mencegah gejala kanker serviks, vaksin polio, vaksin MMR, dan masih banyak lainnya. Jangan lupa untuk melakukan vaksin kanker serviks juga.

Leave A Reply

Navigate